Taktik
menurut Fayakhun Andriadi, adalah
tahapan-tahapan atau langkah tertentu yang dipakai untuk mencapai tujuan
tersebut. Jika Anda telah menyusun dan merumuskan tujuan dan strategi, maka
menurut Fayakhun Andriadi, anda
berada dalam posisi untuk menentukan taktik apa yang dipakai nantinya.
Jika
Anda perhatikan betul-betul, sebenarnya strategi itu mempunyai ruang lingkup
yang lebih luas daripada taktik. Menurut FayakhunAndriadi, bula dalam ilmu dan seni perang, strategi itu dipakai untuk
memenangkan pertempuran. Dengan demikian pemakaian kedua kata ini jangan sampai
terbalik.
Selanjutnya,
strategi menurut Fayakhun Andriadi, dalam
pemasaran mengharuskan adanya perbedaan penempatan kedua kata ini, agar jangan sampai
salah tafsir menurut Fayakhun Andriadi, dalam
membuat perencanaan. Kalau strategi pemasaran memerlukan adanya
keputusan-keputusan dari manajemen tentang elemen-elemen kombinasi pemasaran.
Sedangkan taktik menurut Fayakhun
Andriadi, itu hanya merupakan sebuah program atau kegiatan tertentu untuk
jangka pendek. Kedua istilah itu menurut Fayakhun
Andriadi, sama-sama menghendaki keputusan-keputusan dibidang perencanaan
seperti barang, penetapan biaya dan harga, promosi saluran distribusi.
Ada
hubungan-hubungan menurut Fayakhun
Andriadi, yang terjadi antara tujuan, strategi dan taktik. Sekali saja
strategi ditetapkan menurut Fayakhun
Andriadi, sulit untuk diadakan perubahan, karena sifatnya yang permanen dan
memakan biaya yang besar. Oleh karena itu menurut Fayakhun Andriadi, strategi mesti dipikirkan secara matang dan
cermat.
Berbeda
dengan taktik menurut Fayakhun Andriadi,
yang tidak bersifat permanen, taktik lebih sering berubah. Misalnya,
menurut Fayakhun Andriadi, produsen
obat tradisional menggunakan strategi untuk memenuhi keinginan masyarakat akan
obat yang berkasiat tinggi.
Strategi
menurut Fayakhun Andriadi, lebih
bersifat permanen yakni obat yang berkasiat tinggi, sementara itu disisi yang
lain produsen jamu itu dapat mengggunakan taktiknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar